Jamu Beras Kencur yang Berkhasiat dan Kaya akan Manfaat

Jamu beras kencur merupakan jamu tradisional khas nusantara yang umum dijumpai. Siapa coba yang tidak kenal dengan jamu ini? Pastinya kita semua sudah mengenalnya kan.
Jamu yang masih tergolong empon-empon ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Biasa kita jumpai pada penjualjamu gendong keliling yang pada era serba praktis saat ini masih banyak kita jumpai sekalipun tidak lagi dengan cara digendong, yaitu dengan gerobak dorong bahkan dengan kendaraan bermotor.



Manfaat Jamu beras kencur sudah dikenal luas oleh masyarakat, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Stamina
Akhiri aktifitas berat Anda dengan mengkonsumsi Jamu beras kencur, keesok harinya Anda akan menjumpai tubuh Anda kembali berstamina dan bugar. Baik juga dikonsumsi pasca sakit untuk mengembalikan mood dan stamina. Selain itu Jamu Beras kencur bersifat carminative yang dapat meningkatkan nafsu makan.

2. Menurunkan Berat Badan
Konsumsi Jamu beras kencur secara rutin jika Anda menginginkan berat badan yang ideal karena kandungan pada jamu beras kencur bermanfaat untuk membakar lemak dan mengontrol gula darah.
Tentunya sangat baik bila diimbangi dengan olahraga yang teratur dan pola makan yang sehat, sangat cocok bagi Anda yang sedang progam diet.

3. Mengontrol Kolesterol

Dengan kandungan sintase asam lemak dan sejumlah flavonoid, semisal kaempferol, quercetin, dan galanin. jamu beras kencur  memperlancar aliran empedu. Hal itu akan membantu tubuh menyerap makanan lebih baik. Tidak hanya itu, aliran empedu yang lancar juga dapat membuat kolesterol  jahat dan trigliserida hilang dari dalam tubuh.

4. Mengencerkan dan Melegakan Batuk Berdahak
Saat tenggorokan terasa gatal dan batuk terus-menerus, minum jamu beras kencur hangat dapat menjadi solusi. Jamu beras kencur dapat membantu dalam mengencerkan dahak sehingga tenggorokan terasa lega. Tidak hanya batuk, jamu beras kencur juga dapat meringankan sakit flu. Hal ini dikarenakan jamu beras kencur memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi virus penyebab batuk dan flu.

5. Sumber Antioksidan
Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Jamu beras kencur juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi yang dapat melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan radang. Ada senyawa dalam jamu beras kencur yang mampu mencegah lepasnya zat yang merangsang radang atau nyeri. Tingginya antioksidan pada jamu beras kencur pun dapat menjaga tubuh tetap sehat, prima, dan terhindar dari segala penyakit.
6. Diare dan Perut Nyeri
Saat mengalami sakit perut atau mulas yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi obat. Jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Selain itu, jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

7. Anti Inflamasi dan Antiinfeksi
Jamu beras kencur juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi. Hal ini membuat jamu beras kencur efektif membantu menyembuhkan infeksi dan radang. Kencur adalah salah satu jenis rimpang yang mengandung antibakteri yang tinggi, sehingga bisa melawan berbagai infeksi.

8. Radang Tenggorokan
Di saat radang tenggorokan menyerang, minumlah jamu beras kencur dalam keadaan hangat. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi membantu meredakan dan menyembuhkan radang tenggorokan.
9. Vitalitas Pria
Anda khususnya para pria bisa menjaga dan meningkatkan vitalitas dengan mengkonsumsi Jamu beras kencur secara teratur. Terlebih jika Anda mencampurkan madu sebagai pemanisnya.
10. Kecantikan dan Anti Jerawat
Jamu beras kencur juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Manfaat tersebut yaitu, mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain dikonsumsi secara rutin untuk membantu menyehatkan kulit dari dalam, beras kencur juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh ini akan memaksimalkan hasil akhirnya.

Cara membuat beras kencur

Ada banyak cara membuat beras kencur agar ia menghasilkan khasiat yang baik bagi kesehatan? Selain merebus beras dicampur kencur, Anda juga dapat menambah tanaman herbal lain dalam jamu tradisional yang satu ini, misalnya jahe atau kunyit.Berikut beberapa resep dan cara membuat beras kencur dengan menggunakan bahan-bahan tambahan tersebut.

1. Beras kencur dan jahe

Menambahkan jahe dalam resep jamu beras kencur buatan Anda akan menambahkan efek hangat pada jamu tersebut. Jamu beras kencur plus jahe ini pun sangat cocok dikonsumsi selagi hangat.Bahan-bahan:
  • 200 gram beras putih
  • 6 ruas kencur
  • 2 ruas jahe
  • 600 ml air
  • 1 sdm asam jawa
  • 240 gram gula jawa
  • 50 gram gula pasir.
Cara membuat beras kencur
  • Rendam beras selama 3 jam atau semalaman
  • Sambil menunggu beras lunak, rebus air, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa, dan gula pasir hingga mendidih
  • Setelah beras lunak, hancurkan beras menggunakan blender
  • Tuang beras yang sudah dihancurkan ke dalam rebusan jamu, aduk hingga rata
  • Tuang jamu beras kencur ke dalam botol atau gelas sambil disaring.
Jamu bisa disimpan dalam botol tertutup, kemudian masukkan dalam kulkas dan dihangatkan kembali saat ingin mengonsumsinya. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis untuk menguatkan aromanya dan menambah rasa segar pada jamu tersebut.

2. Beras kencur dan kunyit

Menambahkan kunyit dalam resep jamu ini akan menguatkan aroma beras kencur itu sendiri. Secara fisik, jamu beras kencur yang mengandung kunyit juga akan terlihat lebih cerah karena berwarna kuning, bukan putih pucat.Bahan-bahan:
  • 9 rimpang kencur
  • 3 rimpang kunyit
  • 50 gram beras
  • 800 ml air
  • Sejumput garam
  • 1 sdm asam jawa
  • 240 gram gula jawa
  • 50 gram gula pasir.
Cara membuat beras kencur
  • Rendam beras selama 1 jam atau semalaman
  • Kupas kulit luar kunyit dan kencur, kemudian cuci hingga bersih
  • Blender kunyit, kencur, dan beras hingga halus
  • Campur bahan-bahan jamu ke dalam panci berisi air, garam, asam jawa, gula jawa, dan gula pasir, kemudian rebus hingga mendidih dan tersisa 600 ml.
Jamu beras kencur paling enak disajikan ketika hangat. Anda juga bisa menyimpannya dalam botol tertutup, memasukkannya ke dalam lemari es, dan meminumnya dalam keadaan dingin.

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Translate