Khasiat dan Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Belakangan ini kunyit hitam menjadi favorit baru tumbuhan herbal yang diklaim memiliko banyak manfaat dan khasiat. Banyak petani kunyit hitam dadakan karena tren saat ini dimana kunyit herbal sedang naik daun. Sayapun tertarik untuk mengulas tentang tanaman yang masih berkerabat dekat dengan jahe dan kunyit. Berasal dari negara India, Pakistan dan Turki, kunyit hitam sudah dinyatakan sebagai bahan herbal yang terancam pupus, hal itu disebabkan permintaan dan penggunaan herbal kunyit hitam sangat tinggi, sehingga menyebabkan eksploitasi secara berlebihan terhadap bahan kunyit hitam.

Dirangkum dari berbagai referensi terpercaya berikut ulasan lengkap mengenai khasiat kunyit hitam sebagai tanaman herbal untuk kesehatan.


Kandungan

Berdasarkan berbagai uji yang telah dilakukan, di dalam kunyit hitam yang memiliki nama ilmiah yaitu Curcuma caesia ditemukan kandungan karbohidrat, protein, fenol, minyak tetap dan lemak, steroid, terpenoid, alkaloid, glikosida, dan tanin. Dilaporkan juga bahwa kandungan kimia di dalam kunyit hitam mengandung a-pienne, b-pienne, b-ocimene (E and Z), camphor, linalool, caryphyllene, borneol, camphene, menthol, dan cis-b-ocimene.

Manfaat dan Khasiat untuk kesehatan

Dengan segudang kandungan tersebut, Kunyit Hitam memiliki khasiat dan manfaat luar biasa, diantaranya sebagai berikut :

  • Anti Kanker. Dengan kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang tinggi (vitamin-C, vitamin-K, dan vitamin-B. Serta tinggi fosforus, magnesium, kalsium, zink dan zat besi), kunyit hitam berkhasiat sebagai tanaman herbal antikanker serta membantu meningkatkan antibodi dan imunitas.
  • Mengobati penyakit paru-paru, kandungan kurkumin pada Kunyit Hitam cukup bermanfaat untuk memperbaiki atau mengobati penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, pneumonia, dsb. Selain itu senyawa yang ditemukan dalam kunyit tidak mengganggu pengobatan paru-paru obat konvensional serta sel baik sistem kekebalan tubuh kita (tidak seperti kemoterapi atau beberapa perawatan medis lainnya)
  • Meningkatkan tenaga dan stamina terutama untuk olahragawan, kunyit hitam ini berperan sebagai suplemen nutrisi yang mampu meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh.
  • Membantu menstabilkan hormon serta melancarkan haid dan keputihan pada wanita
  • Anti inflamasi (anti radang/nyeri) mulai dari nyeri akibat ruam, sakit gigi, osteoarthritis, hingga gangguan nyeri yang muncul para perut. Meskipun begitu, kunyit hitam ini harus dikonsumsi dengan dosis dan takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi penyakit yang dialami.
  • Mengontrol berat badan, gula darah dan membantu penyembuhan diabetes. Kunyit hitam membantu proses pemecahan lemak makanan dalam tubuh dan membantu produksi empedu yang membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik serta mencegah penyakit hati. Hal ini secara tidak langsung juga mengurangi risiko pengembangan resistensi insulin dalam tubuh.
  • Meredakan Gejala osteoarthritis, dalam hal ini kunyit hitam berperan sebagai ibuprofen atau pereda nyeri alami yang dapat mengatasi rasa sakit yang dialami oleh penderita osteoarthritis.
Manfaat dan Khasiat untuk kecantikan
  • Menghambat proses penuaan dini dan mempercepat regenerasi/peremajaan kulit. Seperti yang sudah disebutkan di atas kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang tinggi sangat baik untuk mencegah penuaan dini.
  • Mencegah dan mengobati jerawat. Karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, kunyit dapat membantu untuk melawan jerawat. Ini juga dapat mengontrol sekresi minyak pada kulit dan mengurangi bekas jerawat. Campurkan sedikit bubuk kunyit, bubuk cendana dan sedikit air lemon. Oleskan masker ke seluruh wajah dan biarkan kering. Kemudian cuci wajah dengan air dingin.
  • Mencerahkan warna kulit Kunyit dapat meratakan warna kulit dan memberikan efek cahaya pada kulit. Sertakan kunyit dalam masker wajah untuk mencerahkan warna kulit.
Dengan segudang Manfaat di atas, maka tidak mengherankan apabila saat ini kunyit hitam termaksud komoditas yang menjanjikan dan telah banyak dibudidayakan oleh petani kita.

Yudabie

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Translate