Cara Mengatasi Ruam Bayi dengan Minyak Kelapa VCO

Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi tergolong sangat lembut sensitif. Sedikit lembab saja atau berkeringat banyak ketika panas bisa menyebabkan ruam-ruam dan biang keringat. Berbagai merek krim bayi dinilai efektif mengatasi ruam-ruam pada bayi, namun bagaimanapun produk komersil tidak lepas dari bahan kimia yang berbahaya, jika terus-menerus digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu justru berbahaya bagi bayi kesayangan Anda. Oleh karenanya sudah saatnya Anda menggunakan bahan alami dan tentu saja terbukti efektif mengatasi ruam-ruam pada bayi, terutama yang biasa terjadi adalah ruam popok.


Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni atau VCO ( virgin coconut oil) Untuk mengobati ruam dan mencegahnya datang kembali, oleskan minyak kelapa pada ruam popok bayi Anda setelah mandi dan pijat dengan lembut. Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan sehingga ruam akan lebih cepat sembuh sementara kandungan antibakterinya bisa mencegah ruam datang kembali.


Tidak hanya efektif mengatasi ruam popok pada bayi, ternyata VCO memliki segudang manfaat bagi bayi kesayangan Anda :
  1. Mengatasi Sariawan
    Bayi Anda bisa mengalami 
    sariawan karena proses pemberian air susu ibu (ASI). Untuk mengatasinya dengan minyak kelapa vco, oleskan tipis pada puting susu ibu menyusui ketika memberikan ASI. Anda juga bisa menotolokan sedikit minyak kelapa di mulut bayi untuk mempercepat penyembuhan karena minyak kelapa memiliki fungsi antijamur yang bisa melawan sariawan.
  2. Menghilangkan jerawat pada bayi
    Karena kulitnya yang masih sangat sensitif, bayi Anda mudah diserang 
    jerawat. Anda pasti bisa melihat bintik-bintik kemerahan di kulitnya. Kadang, bintik-bintik jerawat ini tampak meradang dan terasa sedikit gatal sehingga bayi Anda akan merasa tidak nyaman. Jika tidak ditangani, jerawat pada bayi Anda berisiko mengalami infeksi. Maka, gunakan VCO untuk menghilangkan jerawat pada bayi dengan menuangkan sedikit VCO pada telapak tangan Anda. Gosokkan di tangan sampai terasa hangat dan oleskan pada kulit bayi yang berjerawat. Diamkan selama beberapa jam dan bilas bersih dengan air hangat.
  3. Mengobati gigitan nyamuk dan serangga
    Kulit bayi yang digigit serangga akan lebih cepat memerah, meradang, dan membengkak daripada kulit orang dewasa. Bayi Anda juga bisa jadi rewel kalau gigitan tersebut terasa panas atau gatal. Maka dari itu, segera atasi dengan VCO. Oleskan pada gigitan serangga dan diamkan selama beberapa saat atau sampai kulit tampak sembuh seperti biasa. VCO memiliki kandungan antibakteri dan anti-peradangan sehingga bisa mengobati gigitan serangga.
  4. Melindungi kulit dari iritasi
    Bayi Anda memang belum membutuhkan pelembap. Akan tetapi cuaca, sengatan matahari, atau suhu ruangan kadang bisa membuat kulit bayi Anda jadi kering. Jika dibiarkan, kulit yang kering akan jadi iritasi. Minyak kelapa VCO bisa menjadi pilihan yang aman untuk melindungi kulit bayi Anda dari iritasi dengan cara mengoleskannya pada kulit bayi setelah Anda gosok-gosok di telapak tangan sampai terasa hangat.
  5. Meredakan sakit ketika gigi mau tumbuh
    Saat bayi menginjak usia 4 sampai 6 bulan, giginya akan mulai tumbuh. Biasanya gigi bayi yang mau tumbuh akan menyebabkan berbagai gejala seperti gusi yang terasa nyeri dan gatal. Hal ini bisa membuat bayi Anda uring-uringan dan rewel. Jadi, segera atasi dengan minyak kelapa VCO yang dioleskan perlahan pada gusi bayi.
  6. Meredakan pilek
    Minyak kelapa yang dicampur dengan minyak esensial seperti eukaliptus atau peppermint sudah berpuluh-puluh tahun digunakan sebagai balsem untuk meredakan 
    hidung tersumbat karena pilek. Berbagai produk balsem yang tersedia di toko biasanya mengandung berbagai bahan kimia dan baunya sangat menyengat. Maka bayi Anda akan merasa lebih nyaman dengan campuran minyak kelapa VCO dan minyak esensial yang dioleskan pada dada bayi Anda dan diamkan sepanjang malam.
  7. Mengobati dermatitis seboroik (cradle cap)
    Kulit kepala bayi Anda juga masih sensitif, sehingga tak jarang bayi mengalami dermatitis seboroik atau 
    cradle cap. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang pada orang dewasa biasanya muncul dalam bentuk ketombe. Karena VCO merupakan agen antijamur, minyak kelapa VCO bisa mengobati dermatitis seboroik pada bayi dengan aman.
  8. Merangsang pertumbuhan rambut
    J
    ika bayi Anda mengalami masalah pertumbuhan rambut atau rambutnya sangat tipis dibanding bayi seusianya, Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa VCO. Kandungan vitamin E dan K yang kaya dalam VCO akan merangsang akar rambut agar jadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuh. Basahi dulu rambut bayi Anda dengan air hangat dan tuang minyak kelapa pada kulit kepala bayi Anda secukupnya. Setelah itu, pijat dengan lembut dan diamkan selama setengah jam. Bilas sampai bersih dengan air hangat

Menarik bukan? kalau sudah tau manfaatnya, pastikan di rumah Anda selalu tersedia VCO. VCO terbaik hanya didapat dengan proses pembuatan tanpa bahan kimia maupun tanpa fermentasi. Untuk Info lebih lanjut dan pembelian VCO berkualitas silahkan hubungi call/sms/wa :

Yuda Abi Abdilah - Depok 085647625885

Aland Kelana - Bekasi 081282412436

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Translate