Penyebab Flek Hitam atau Noda Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya


Berikut adalah beberapa penyebab dari munculnya flek hitam di wajah, seperti dilansir md-health.com. Menurut penjelasan Khalil Khatri, M.D., dermatolog dan ahli bedah laser kosmetik di The Skin and Laser Surgery Center di New England, flek hitam dan perubahan warna kulit di wajah adalah kondisi yang disebabkan oleh peningkatan kadar melanin, pigmen dalam tubuh yang menentukan warna kulit. Meskipun kondisi ini lebih banyak terjadi pada orang berkulit gelap karena memiliki banyak melanin, siapa pun bisa mengembangkan kondisi serupa.
1. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di kulit wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih, sehingga kemudian membuat spot tertentu kulit terlihat lebih gelap.
2. Ketidakseimbangan hormonal
Ketidakseimbangan hormon, seperti yang terjadi saat hamil, dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit.
3. Paparan sinar matahari yang berlebihan
Paparan sinar matahari yang berlebihan akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Hal itu dilakukan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kondisi itulah yang kemudian membuat flek hitam atau cokelat muncul di wajah.
4. Gangguan kulit
Bintik atau flek hitam pada kulit biasanya akan muncul karena usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit tidak bisa mereproduksi sel-sel kulit baru seperti ketika kita masih muda.
5. Kerusakan hati
Bintik-bintik pada kulit juga merupakan tanda dari kerusakan hati karena tubuh tidak bisa menghilangkan semua racun dari sel-selnya.
6. Bekas jerawat
Bekas jerawat atau luka seringkali meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit. Bekas luka itu biasanya akan membutuhkan beberapa waktu untuk hilang sepenuhnya.
Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah? Seperti yang sudah disebutkan di atas, secara garis besar penyebab flek hitam adalah karena kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat, radiasi sinar UV, hormon, kadar melamin yang berlebih dan gangguan kulit lainnya. Maka cara mengatasinya adalah dengan upaya peremajaan kulit atau regenerasi kulit dan memperbaiki sel-sel kulit wajah yang rusak akibat penyebab di atas, salah satu solusi terbaik adalah penggunaan Virgin Coconut Oil ( VCO ). VCO atau minyak kelapa dara sarat akan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan kulit dan memperkuat jaringan sehingga kulit kembali muda, bebas dari flek hitam dan mencegah kulit keriput. Bukan hanya itu, struktur molekul kecil yang dimiliki minyak kelapa memungkinkan proses penyerapan jadi lebih mudah, sehingga memberikan manfaat lebih bagi kulit agar tetap lembut serta melindungi dan merawat kulit wajah dari toksin, radikal bebas, polusi udara dan sinar UV penyebab penyakit kulit seperti jerawat, komedo, kadar minyak berlebih dan lain-lain.
Demikianlah penyebab dari munculnya flek hitam atau bintik-bintik gelap di wajah beserta cara menghilangkanya.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, semoga admin dari blog ini selalu semangat untuk menulis hal-hal yang bermanfaat seperti pada artikel ini. semoga tambah sukses kedepannya dan juga di beri kelancaran karena manfaat dari artikel ini.
    Oh iya min, saya mengajak admin untuk berkunjung ke tulisan saya tentang Cara Menghilangkan Jerawat. Datang ya min ..!!
    .

    BalasHapus

Followers

Translate